RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 1 (
Ganjil)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghafal
surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca
surat ad-Duha secara benar dan fasih
C. INDIKATOR
Ø Menghafal
surat Ad-Duha
Ø Membaca tiap ayat surat
Ad-Duha
Ø Menjelaskan
kandungan surat addhuha
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa
mampu Menghafal surat Ad-Duha
Ø Siswa
mampu Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
Ø Siswa
mampu Menjelaskan kandungan surat addhuha
E. MATERI PELAJARAN
§ Surat
ad-Duha
F.
METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
Kegiatan awal
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan
|
Teknik pembagian kelompok
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Siswa
menyimak penjelasan guru tentang, surat ad-Duha mulai dari identitas surat,
pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§ Melalui
mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat ad-Duha yang dilakukan oleh
guru
§ Secara
berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat ad-Duha dengan
benar dan fasih
§ Dengan
tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat ad-Duha
§
Dengan
cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat ad-Duha
dengan benar dan fasih.
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Guru
mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan
tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Al-Qur’an
§ Kaset
VCD al-Qur’an
§ Qori’
I.
PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan
tiap ayat dari surat Ad-Duha
§
Membaca
tiap ayat surat Ad-Duha
§ Membaca
surat Ad-Duha secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
tiap ayat dari surat Ad-Duha!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HIDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 1 (
Ganjil)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghafal
surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menghafal
surat ad-Duha secara benar dan fasih
C. INDIKATOR
Ø Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
Ø Menjelaskan
kandungan ayat Surat Addhuha
Ø Menghafal
surat Ad-duha
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa
dapat Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat
Al-Qur’an
Ø Siswa
dapat Menjelaskan kandungan ayat Surat
Addhuha
Ø Siswa
dapat Menghafal surat Ad-duha
E. MATERI PELAJARAN
§ Surat
ad-Duha
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan
|
Teknik pembagian kelompok
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Siswa
menyimak penjelasan guru tentang, surat ad-Duha mulai dari identitas surat,
pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§
Melalui
mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§
Secara
berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan
§
Dengan
tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan
§
Dengan
cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Guru
mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan
tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Al-Qur’an
§ Kaset
VCD al-Qur’an
§ Qori’
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
§ Menyebutkan
nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
§ Menghafal
surat Ad-duha
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HIDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 1 (
Ganjil)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami
arti surat pendek pilihan
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menterjemahkan
surat Ad-Duha
C. INDIKATOR
Ø Menyebutkan
terjemahan ayat surat Ad-duha secara acak
Ø Meneruskan
terjemahan ayat surat Ad-duha
Ø Menterjemahkan
surat Ad-duha secara keseluruhan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa
dapat Menyebutkan terjemahan ayat surat Ad-duha secara acak
Ø Siswa
dapat Meneruskan terjemahan ayat surat Ad-duha
Ø Siswa
dapat Menterjemahkan surat Ad-duha secara keseluruhan
E. MATERI PELAJARAN
§ Surat
ad-Duha
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan
|
Teknik pembagian kelompok
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Siswa menyimak
penjelasan guru tentang, surat ad-Duha mulai dari identitas surat, pengertian
surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
§
Melalui
mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§
Secara
berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan
§
Dengan
tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan
§
Dengan
cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat ad-Duha
dengan benar dan fasih.
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaia
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Guru
mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan
tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Al-Qur’an
§ Kaset
VCD al-Qur’an
§ Qori’
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menyebutkan
terjemahan ayat surat Ad-duha secara acak
§ Meneruskan
terjemahan ayat surat Ad-duha
§ Menterjemahkan
surat Ad-duha secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
terjemahan ayat surat Ad-duha secara keseluruhan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HIDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 1 (
Ganjil)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami
arti surat pendek pilihan
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan
isi kandung-an surat Ad-Duha tentang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia dengan sederhana
C. INDIKATOR
Ø Menjelaskan
pengertian kehidupan akhirat
Ø Menunjukkan
contoh perilaku orang yang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada
kehidupan dunia
Ø Menyebutkan
keutamaan orang yang meyakini akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa
Dapat Menjelaskan pengertian kehidupan akhirat
Ø Siswa
Dapat Menunjukkan contoh perilaku orang yang meyakini kehidupan akhirat lebih
baik daripada kehidupan dunia
Ø Siswa
Dapat Menyebutkan keutamaan orang yang meyakini akhirat lebih baik daripada kehidupan
dunia
E. MATERI PELAJARAN
§ Surat
ad-Duha
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat ad-Duha
|
Teknik pembagian kelompok
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Studi
literatur tentang kandungan
§
Mendengarkan
penjelasan isi kandungan surat Ad-Duha
§
Berdiskusi
tentang masalah kehidupan dunia dan akhirat
§
Secara
bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi.
|
Guru, slide, tape recorder
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Guru
mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan
tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Al-Qur’an
§ Kaset
VCD al-Qur’an
§ Qori’
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Menjelaskan
pengertian kehidupan akhirat
§ Menunjukkan
contoh perilaku orang yang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada
kehidupan dunia
§ Menyebutkan
keutamaan orang yang meyakini akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes subyektif
|
§ Jelaskan
pengertian kehidupan akhirat!
§ Sebutkan
keutamaan orang yang meyakini akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HIDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 1 (
Ganjil)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami
hadits tentang keutamaan memberi
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Menterjemahkan
hadits tentang keutamaan memberi
C. INDIKATOR
Ø Menyebutkan terjemahan
lafdziah hadits tentang keutamaan memberi
Ø Meneruskan terjemahan
hadits tentang keutamaan memberi secara acak
Ø Menterjemahkan hadits
tentang keutamaan memberi secara keseluruhan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa dapat Menyebutkan
terjemahan lafdziah hadits tentang keutamaan memberi
Ø Siswa dapat Meneruskan
terjemahan hadits tentang keutamaan memberi secara acak
Ø Siswa dapat Menterjemahkan
hadits tentang keutamaan memberi secara keseluruhan
E. MATERI PELAJARAN
§ Terjemahan
lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
§
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari
|
Teknik pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Menggali
informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
§ Bermain game mencocokkan
terjemah lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
|
Buku paket
Lafal hadits tentang keutamaan
memberi
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Secara
klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan
tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Kartu
ayat
§ Tafsir
al-Qur’an
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan
terjemahan lafdziah hadits tentang keutamaan memberi
§
Meneruskan
terjemahan hadits tentang keutamaan memberi secara acak
§ Menterjemahkan hadits
tentang keutamaan memberi secara keseluruhan
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyektif
|
§ Jelaskan
terjemahan
lafdziah hadits tentang keutamaan memberi!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 1 (
Ganjil)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Memahami
hadits tentang keutamaan memberi
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menjelaskan
hadits tentang keutamaan memberi secara sederhana
C. INDIKATOR
Ø Menyebutkan contoh perilaku
dermawan
Ø Menyebutkan hikmah dermawan
Ø Menjelaskan akibat
bakhil/kikir
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siwa dapat Menyebutkan contoh perilaku dermawan
Ø Siwa dapat Menyebutkan hikmah dermawan
Ø Siwa dapat Menjelaskan akibat bakhil/kikir
E. MATERI PELAJARAN
§ Hadits
tentang keutamaan memberi
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari
|
Teknik pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Studi
literatur tentang keutamaan memberi
§
Mendengar
isi kandungan hadits
§
Berdiskusi
tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
§ Secara bersama dibimbing
guru menyimpulkan hasil diskusi
|
Buku paket
Lafal hadits tentang keutamaan
memberi
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Secara
klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan
tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan
contoh perilaku dermawan
§
Menyebutkan
hikmah dermawan
§ Menjelaskan akibat
bakhil/kikir
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyektif
|
§ Jelaskan
contoh
perilaku dermawan!
§ Sebutkan
hikmah
dermawan!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HIDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 2 (
genap)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Menghafal
surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
4.1 Membaca
Surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih
C. INDIKATOR
Ø Melafalkan
tiap ayat dari surat Ad-Duha
Ø Membaca
tiap ayat surat Ad-Duha
Ø Membaca
surat Ad-Duha secara keseluruhan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa
Dapat Melafalkan tiap ayat dari surat Ad-Duha
Ø Siswa
Dapat Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
Ø Siswa
Dapat Membaca surat Ad-Duha secara
keseluruhan
E. MATERI PELAJARAN
§ Surat
al-Bayyinah
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan
|
Teknik pembagian kelompok
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang,
§
Melalui
mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan
§
Secara
berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan
§
Dengan
tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan
§
Dengan
cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok siswa melafalkan
§
Secara
berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Guru
mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan
tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Al-Qur’an
§ Kaset
VCD al-Qur’an
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan
tiap ayat dari surat Ad-Duha
§ Membaca
tiap ayat surat Ad-Duha
§ Membaca
surat Ad-Duha secara keseluruhan
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
tiap ayat dari surat Ad-Duha!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : MI AL HIDAYAH
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 2 (
Genap)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Menghafal
surat pendek secara benar dan fasih
B. Kompetensi Dasar
4.2 Menghafal
Surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih
C. INDIKATOR
Ø Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
Ø Menyebutkan
nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
Ø Menghafal
surat Ad-duha
D. TUJUAN PEMBELJARAN
Ø Siswa
Dapat Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat
Al-Qur’an
Ø Siswa
Dapat Menyebutkan nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
Ø Siswa
Dapat Menghafal surat Ad-duha
E. MATERI PELAJARAN
§ Surat
al-Bayyinah
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan
|
Teknik pembagian kelompok
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Membaca
berulang-ulang
§
Menyimak
berulang-ulang bacaan surat al-Bayyinah
§
Bermain
“Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat al-Bayyinah
§
Menghafal
surat al-Bayyinah secara benar dan fasih secara berkelompok.
|
Guru, slide, tape recorder
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Guru
mengulang kembali pelafalan
§
Mengadakan
tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Al-Qur’an
§ Kaset
VCD al-Qur’an
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
§ Menyebutkan
nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
§ Menghafal
surat Ad-duha
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 2 (
Genap)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti arti hadits tentang amal shalih
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Menterjemahkan
hadits tentang amal shalih
C. INDIKATOR
Ø Menyebutkan terjemahan
hadits tentang amal salih tiap kata
Ø Meneruskan terjemahan
hadits tentang amal salih secara acak
Ø Menterjemahkan hadits
tentang amal salih secara keseluruhan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa dapat Menyebutkan terjemahan hadits tentang amal
salih tiap kata
Ø Siswa dapat Meneruskan terjemahan hadits tentang amal
salih secara acak
Ø Siswa dapat Menterjemahkan hadits tentang amal salih
secara keseluruhan
E. MATERI PELAJARAN
§ Terjemah
lafdhiyah hadits tentang amal shalih
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari
|
Teknik pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Menggali
informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
§
Bermain
game mencocokkan terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
§ Menuliskan terjemah
hadits tentang amal shalih
|
Buku paket
Lafal hadits tentang keutamaan
memberi
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Secara
klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan
tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Kartu
ayat
§ Tafsir
al-Qur’an
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan
terjemahan hadits tentang amal salih tiap kata
§
Meneruskan
terjemahan hadits tentang amal salih secara acak
§ Menterjemahkan hadits
tentang amal salih secara keseluruhan
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyektif
|
§ Jelaskan
terjemahan
hadits tentang amal salih tiap kata!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 2 (
Genap)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti arti hadits tentang amal shalih
B.
Kompetensi
Dasar
5.2 Menjelaskan
isi kandungan hadits tentang amal salih secara sederhana
C. INDIKATOR
Ø Menjelaskan hadits tentang amal sholeh
Ø Menjelaskan kandungan hadits tentang amal sholeh
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa mampu Menjelaskan hadits tentang amal sholeh
Ø Siswa mampu Menjelaskan kandungan hadits tentang amal sholeh
E. MATERI PELAJARAN
§ Hadits
amal shalih
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari
|
Teknik pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Studi
literatur tentang amal salih
§
Mendengarkan
penjelasan isi kandungan hadits
§
Berdiskusi
tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
§ Secara bersama dibimbing
guru menyimpulkan hasil diskusi
|
Buku paket
Lafal hadits tentang keutamaan
memberi
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Secara
klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan
tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
§ Kartu
ayat
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan
terjemahan hadits tentang amal salih tiap kata
§
Meneruskan
terjemahan hadits tentang amal salih secara acak
§ Menterjemahkan hadits tentang
amal salih secara keseluruhan
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyektif
|
§ Jelaskan
terjemahan
hadits tentang amal salih tiap kata!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : VI ( Enam ) / 2 (
Genap)
Alokasi Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami
arti arti hadits tentang amal shalih
B.
Kompetensi
Dasar
5.3 Menerapkan
isi kandungan hadits tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan
sesama
C. INDIKATOR
Ø Menjelaskan Hadits tentang
amal sholeh
Ø Menerjemahkan hadits
tentang amal sholeh
Ø Menghafal Hadits tentang
amal sholeh
Ø Memberi contoh sikap dalam
berakhlak terhadap teman sebaya, orang yang lebih muda, dan orang yang lebih
tua
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Siswa dapat Menjelaskan
Hadits tentang amal sholeh
Ø Siswa dapat Menerjemahkan hadits tentang amal sholeh
Ø Siswa dapat Menghafal Hadits tentang amal sholeh
Ø Siswa dapat member contoh sikap dalam berakhlak terhadap teman sebaya,
orang yang lebih muda, dan orang yang lebih tua
E. MATERI AJAR
§ Hadits
amal shalih
F. METODE PEMBELAJARAN
§ Buku paket
§ Kartu
ayat/hadits
§ Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§
Menyampaikan
salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan
keinginannya
§
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini
§
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari
|
Teknik pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§
Menentukan/memilih
sikap dengan menjawab studi kasus
§ Mengajukan pertanyaan
terhadap sesama teman tentang dampak positif dari beramal salih terhadap
sesama
|
Buku paket
Lafal hadits tentang keutamaan
memberi
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§
Secara
klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
§
Menyampaikan
tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen tugas individu
|
|
H. MEDIA / SUMBER
§ Buku
paket
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menentukan
sikap dalam berakhlak terhadap teman sebaya, orang yang lebih muda, dan orang
yang lebih tua
§ Menggambarkan sikap yang
berdampak positif (amal salih) terhadap sesama
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Tes subyektif
|
§ Sebutkan
sikap dalam
berakhlak terhadap teman sebaya, orang yang lebih muda, dan orang yang lebih
tua!!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
M.SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
|
BOJONEGORO, 2011
Guru bidang
studi Qur’an
.M. SAIFUDDIN,S.Pd.I
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar